Jakarta, Inilah.ID – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar, Muhammad Roem mengatakan Makassar Direct Sale (MDS) menjadi salah satu upaya kerjasama pariwisata antar daerah untuk mendorong pariwisata.
Kerjasama ini terus dipupuk pihaknya guna mendorong target pemerintah 1,2 sampai 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).
“Jakarta sebagai ibu kota masih menjadi target utama terbesar dari seluruh provinsi telah menjadikan Jakarta sebagai target mereka,” jelasnya.
Terutama Jakarta sebagai pusat pemerintahan, diharapkan bisa ikut menggaet kegiatan-kegiatan mereka ke Makassar.
Roem mengatakan target ini juga menyasar daerah-daerah penyangga secara keseluruhan di Jabodetabek.
“Jadi bukan cuma di Jakarta, Jakarta memang pusat aktifitas tetapi kegiatan kemasyarakatan ada di daerah penyangga,” jelasnya.
Sementara itu Mewakili Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf)
DKI Jakarta, Kepala Sub Kelompok Tenaga Kerja Urusan Pariwisata, Jonie P Rumimper mengapresiasi kegiatan MDS ini. Dimana kegiatan ini memiliki makna yang positif dalam mendukung program pemerintah 1,2-1,4 milliar perjalanan di semua Indonesia.
“Selamat atas kegiatan Makassar Drect Sel 2023 semoga ini rutin meningkatkan kerjasama dan kembangkan Makssar,” jelasnya.
Menurutnya kolaborasi antar stakeholder ini akan menstimulus kemajuan pariwisata terlebih mengplikasikan kolaborasi pentahelix
“Yang teridri atas akademisi, pebisnis, komunitas pemerintah dan pers sebagai bagian dari publikasi,” ujarnya.
Ini tentunya akan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi pasca-Covid-19. Daerah bisa bersama meningkatkan UMKM hingga berkonbusi dalam penyerapan tenaga kerja.
Dia mengatakan kemitraan Makassar dan Jakarta seyogianya terus dipupuk untuk mendukung target tersebut.
“2 bulan lalu kami diterima dengan baik oleh Makassar, diharapkan ke depan bisa solid kerjasama dalam kembangkan pariwisata Makassar dan Jakarta,” katanya.